Intuiting-Introvert

Dari dulu gue kan anaknya emang suka banget test kepribadian ya, tujuannya buat ngenal diri sendiri, makanya gue suka sama hal-hal yang berbau psikologi, self improvement, dll, karena gue sering ngerasa clueless nyari-nyari jati diri. Masalahnya jati diri gabisa gue cari di Shopee, kalo bisa mungkin udah gue checkout dari kemaren-kemaren, tapi sayangnya gue harus nyari sendiri dan capek banget sih, karena prosesnya panjang banget. Ti, Ti, di mana sih lu, Ti? Panggilan akrab Si Jati.

Ada macem-macem test kepribadian yang pernah gue arungi, mulai dari yang tersimple kaya gue itu Introvert atau Extrovert ya? Terus gue itu Sanguine, Phlegmatic, Melancholy, atau Choleric ya? Terus gue MBTI-nya apa ya? Semuanya gue lakukan secara online, gue cari-cari sendiri dan free. Nah, belum lama ini kakak gue nyaranin buat test kecerdasan otak STIFIN berdasarkan sidik jari. Sebenernya dia nyaranin udah dari lama, tapi gue kaya belum tertarik.

Image Source: kompasiana.com

Gue kan orangnya overthinking banget ya, kaya apa aja gue pikirin, apa aja gue perhitungin, nanti ini gimana ya apalagi ini harganya cukup merogoh kocek. Sebagai pelajar SMA wkwk gue merasa agak wadidaw jiwa kalo kata Jerome Polin mah, hey Jer! Akrab ceritanya. Pertanyaan gue adalah apakah itu worth it? Apa manfaat yang gue dapet kalo bayar segitu? Emangnya beneran tercerahkan? Sangat gamau rugi, wajar sih gue kan gada sponsor ye, kecuali bapak gue Raffi Ahmad. Gue kan nyari-nyari tau ya, terus ada nemu artikel tentang kontra-nya lah, tapi ada sanggahan juga dari pihak STIFIN-nya. Balik lagi ke pilihan masing-masing. Tapi kenapa akhirnya gue mau? Selain karena kakak gue nyaranin terus, karena dia udah rasain khasiatnya, juga karena udah takdir aja gaksih, kaya Allah gerakin hati gue buat coba aja dulu. Tapi kata kakak gue, lu jangan ekspektasi ketinggian juga, entar sakit ati sendiri. Akhirnya setelah pergumulan batin cukup lama, yaudalah bismillah! Daripada gue terus menerus gamang dan bimbang dan terombang-ambing di lautan gelora~

Singkat cerita hari H pun tiba, ditemani oleh kakak-kakak gue yang udah pernah test juga. Setelah berjam-jam prosesnya, sebenernya kalo untuk test sidik jarinya mah sebentar, tapi ngobrol tanya-jawab dan sesi curhatnya yang lama, eh tapi gue nanya mah dikit deng, banyakan curhatnya. Eh engga deng, sebenernya curhatnya mah ga banyak amat, tapi yang banyak tuh nangisnya, mata gue layaknya mata air pegunungan Aqua X Pipa Rucika yang mengalir sampai jauh. Andai aja air mata gue kaya air mata Putri Duyung Ayu Azhari di film Domba, mungkin gue udah jadi miliyarder, karena kan air matanya berubah jadi mutiara. Waktu gue kecil sih yang gue inget gitu ya wkwk.

Dan hasil test STIFIN-nya adalah *drum roll* halah sok di drum roll! Dari judulnya aja udah ketawan. Iyak, hasilnya kaya di judul “Intuiting-Introvert”. Sorry ya gajadi surprise hehe. Ternyata oh ternyata gue sama kaya kakak gue yang ikut nganterin. Pantesan ae kalo curhat cocoknya cuma sama dia doang kalo di rumah tuh, ternyata kita sama wkwk. Akhirnya gue semakin yakin akar dari pergulatan batin dengan profesi gue selama ini, ternyata ya emang karena bukan passion gue di situ wkwkwk. Ibarat kata kura-kura disuruh lomba lari lawan kelinci, udah pasti kelinci yang menang. Si kura-kura tetep ada progress sih, karena udah latihan keras tiap hari, tapi kecepatan maksimalnya kura-kura tetep gabisa kalo dilawanin sama kelinci dalam hal lomba lari. Atau layaknya kuda disuruh lomba renang sama ikan, udah jelas ikan yang menang. Tapi gwenchana, gwenchanayo! Semua orang punya keahliannya masing-masing. Tapi gue jadi semakin tercerahkan, i knew that from the start actually, but i need the money to pay my bills. I just feel sad sometimes and ask to myself, “Am i the only one who feel dumb in this room? I just feel like the turtle among the rabbits, or the horse among fishes?” Gue tetep usaha kok untuk tetep bisa ngikutin, but i feel like i'm not part of them (dalam konteks pekerjaan ya).

Dari dulu gue punya impian, tapi gue ga pede untuk bilang itu ke orang lain, gue sering bilang gatau cita-cita gue apa, karena gue malu untuk bilangnya, takut diketawain, apalagi kalo ga kesampean, jadi biar ajalah gausah diceritain ke orang-orang.

Dari mentor test STIFIN itu gue juga belajar beberapa metode untuk release luka batin masa lalu di dalam diri gue, yang udah berkerak istilahnya dan butuh gue buang, karena itu adalah hambatan terbesar gue dari dulu, sampe-sampe potensi gue ga keluar seutuhnya. Analoginya kaya gue lagi mau belanja nih di supermarket sambil dorong trolly belanjaan, tapi trolly-nya belum apa-apa udah penuh banget, tapi isinya sampah doang dari jaman Hindia-Belanda sampe sekarang 2023 gue bawa terus. Kan gilingan! Gue seketika jadi keinget speech-nya Taylor Swift waktu di NYU:

“The first of which is, life can be heavy, especially if you try to carry it all at once. Part of growing up and moving into new chapters of your life is about catch and release. What I mean by that is knowing what things to keep and what things to release. You can’t carry all things, all grudges, all updates on your ex, all enviable promotions your school bully got at the hedge fund his uncle started. Decide what is yours to hold and let the rest go. Oftentimes, the good things in your life are lighter anyway, so there’s more room for them. One toxic relationship can outweigh so many wonderful, simple joys. You get to pick what your life has time and room for. Be discerning.”

Nih gue translate deh biar cepet gue copas ajalah dari Google Translate, males ngetiknya:

“Yang pertama adalah, hidup bisa jadi berat, apalagi jika Anda mencoba memikul semuanya sekaligus. Bagian dari tumbuh dan memasuki babak baru dalam hidup Anda adalah tentang menangkap dan melepaskan. Yang saya maksud dengan itu adalah mengetahui hal-hal apa yang harus disimpan dan hal-hal apa yang harus dilepaskan. Anda tidak dapat menanggung semua hal, semua dendam, semua kabar terbaru tentang mantan Anda, semua promosi yang patut ditiru oleh pelaku intimidasi di sekolah Anda yang diperoleh dari hedge fund yang dimulai oleh pamannya. Putuskan apa yang menjadi milik Anda dan biarkan sisanya pergi. Seringkali, hal-hal baik dalam hidup Anda lebih ringan, sehingga ada lebih banyak ruang untuk hal-hal tersebut. Satu hubungan yang beracun bisa melebihi begitu banyak kebahagiaan yang indah dan sederhana. Anda dapat memilih untuk apa waktu dan ruang hidup Anda. Bersikaplah cerdas.”

Dan ini bener banget!!! Jadi, sekarang gue lagi-lagi mencoba berusaha untuk buang-buangin sampah dari trolly belanjaan gue, biar nanti gue bisa isi macem-macem yang berbobot gitu loh, yang indah-indah, banyak kebahagiaan, diisi sama banyak rejeki, termasuk uang, jodoh, dll. Ngapain wey gue bawain sampah mulu! Gimana gue bisa ngisi yang indah-indah kalo trolly-nya penuh terus? Jadi yuk bismillah semangat bersihin trolly dari sampah-sampah busyuk iyuhhhh!!! Sudah selayaknya dihempas huss huss sana!!! Apakah gue harus minta bantuan dari Pandawara Group? Hey Gilang! Hey Ikhsan! Wkwkwkwk. Kalo kata mentornya tadi sih, setannya udah mau ganti shift itu, tapi karena masalah gue masih itu-itu lagi, jadi setannya capek nungguin temennya yang satu, “Ah lu mulu, gantian lah!” Wkwkwk semoga next time pas setan lamanya pergi, langsung gantian shift-nya sama malaikat penjaga ajalah. Ngapain amat sama setan lagi. Audzubillahiminasyaitonirojim bismillahirrahmanirrahim :D

Comments

Popular Posts