People Come and Go

 “Some people come into your life as blessings. Others come into your life as lessons.”

Pernah ga punya temen yang dulunya deket banget persahabatan bagai kepompong, ke mana-mana selalu berdua udah kaya Jin dan Jun, sampe orang apal 4L alias Lo Lagi Lo Lagi, tapi seiring berjalannya waktu, karena satu dan lain hal, kalian sekarang jadi kepisah dan ga temenan lagi? Entah karena kesibukan masing-masing, atau mungkin nemu temen baru, atau karena udah ga sefrekuensi lagi, atau mungkin ada juga yang tersadar kalo selama ini ternyata temen kita ga sebaik yang kita pikir jadi mending di cut off ajalah, dan lain-lain.

Gue rasa hampir semua orang, at least sekali lah pernah ngalamin itu dalam hidupnya. Rasanya sakit emang (kalo posisinya kita yang di cut off), kaya menyanyangkan karena dulu kaya sedekat nadi, tapi sekarang udah kaya orang asing. Tapi kalo posisinya kita yang cut off mereka, karena mungkin orang itu ga baik, congrats! Good for you! Di antara temen-temen “yang ga deket lagi”, mungkin ada yang masih tetep followan di socmed, tapi ga pernah nyapa, dan kalo pun kita coba reach out duluan, responnya kurang bagus, ya berarti emang mereka udah ga mau temenan lagi. Atau mungkin ada juga yang udah ga kontakan samsek, saling unfollow dan sekarang entah tuh orang ada di mana, punya kehidupan masing-masing, dan lain-lain. Gue jadi keinget, dulu banget pernah baca tweet-nya Pevita Pearce di Twitter, kaya jaman-jaman tahun 2012-an kalo ga salah, gue inget tweet-nya karena sempet nyatet di notebook buat quotes :

“It’s surprising how time flies so fast. People change. Move. Creating their own path of life. And it creates another hole in my heart.” - Pevita Pearce

I feel you, kak! Hidup emang gitu ya, ada pertemuan pasti ada perpisahan. Entah pisah di tengah jalan atau pisah di akhir nanti. Tapi gue sadar semua itu emang ada masanya, terima ga terima, mau ga mau ya emang begitu adanya. Kita ga bisa kontrol sesuatu yang di luar diri kita, termasuk hubungan pertemanan. Kita ga tau siapa aja orang yang datang, siapa yang pergi, siapa yang stay terus. Kalo emang masanya udah abis, kadang tanpa ada effort pun, bakalan kepisah sendiri entah gimana caranya. Kalo udah begitu, berarti emang tugasnya cuma sampe situ aja di hidup kita.

Selain tweet-nya Pevita, ada lagi quotes bagus lainnya yang relatable juga :

“Everyone you meet has a part to play in your story. And while some may take a chapter, others a paragraph, and most will be no more than scribbled notes in the margins. Someday, you’ll meet someone who will become so integral to your life, you’ll put their name in the title.” – Beau Taplin

Ini bener banget sih. Setiap orang di hidup kita punya bagiannya masing-masing, begitu juga dengan kita ke mereka. Yang kaya gue bilang tadi, semua orang yang datang ke hidup kita punya tugasnya masing-masing. Misal kita ketemu orang kaya kenal random aja gitu di jalan, atau kenalan di event atau sebuah tempat apa gitu, terus setelahnya udah aja gitu, sebatas kenal saat itu aja, gada kelanjutan lagi. Berarti orang itu bisa jadi cuma jadi se-paragraf tulisan, atau bahkan cuma kaya satu kalimat di buku kehidupan kita yang super tebel ini. Ada juga orang-orang yang dulunya deket (kaya yang gue bahas di awal-awal) tapi sekarang udah ga deket lagi, bisa dibilang orang-orang itu jadi beberapa chapter di buku kehidupan kita, dan ada juga orang-orang yang di awal buku namanya muncul, tapi di beberapa chapter setelahnya mereka ilang, tapi nanti muncul lagi di bagian akhir chapter, atau ada yang emang dari awal sampe akhir namanya selalu muncul di setiap chapter, bisa jadi mereka adalah orang-orang yang kita anggap penting dan punya andil cukup besar di hidup kita.

Kalo kata Taylor Swift di lirik lagunya sih “Nothing lasts forever”, jadi semua ini sifatnya emang sementara, dan ini hal wajar. Di buku fiksi atau di movie pun, kita ga bisa liat semua orang yang tampil di awal cerita/scene, bakalan ada terus sampe akhir, ya apalagi ini di kehidupan nyata. Sedih wajar, sakit wajar, kecewa wajar, namanya orang punya emosi, dan memori yang tersimpan di memori jangka panjang ga bisa ilang gitu aja. Tapi ya ikhlasin aja, segala yang hilang insya Allah akan diganti dengan yang lebih baik (kalo kitanya juga udah jadi orang yang lebih baik). Jadi... Semangat!!! :))

"Put on a happy face." - Joker (2019)

His laugh looks really sick

Hope you're okay <3

Comments

Popular Posts