Ilmu Padi

Kemaren nyokap gue cerita tentang status WhatsApp tetangga gue, yang lagi nampak terharu dan bangga terhadap suaminya yang sekarang udah berada di posisi tinggi tempat kerjanya. Suaminya udah jadi direktur di yayasan sekolah swasta islam terkenal di daerah Kelapa Gading (gausah sebut merk, tebak-tebak buah manggis sendiri ajalah). Terus nyokap gue bilang kalo si bapak ini biarpun pencapaiannya udah tinggi, tapi orangnya low profile banget! Bener-bener humble, kalo ngomong tuh ga pernah tinggi atau ngebangga-banggain diri. Gue walaupun ga kenal deket sama beliau, cuma tau muka sama nama aja, tapi gue setuju dengan apa yang nyokap gue bilang, karena gue selama ini ngeliat dari “kaca luar” pun begitu, sepak terjang beliau cukup tersohor lah di perumahan gue.

Seperti yang gue tau, sekolah swasta tempat beliau pimpin itu emang terbilang mahal, bisa diliat lah dari kendaraan yang nganterin murid-muridnya, emang mobil-mobil bagus semua. Jadi menurut gue, beliau dengan jabatannya yang udah jadi direktur yayasan, kemungkinan besar gajinya gede lah, bisalah kalo mau ngehedon, atau pindah rumah ke komplek lain yang lebih bagus dan mewah. Tapi ini engga, dari dulu sampe sekarang beliau masih tetep milih tinggal di perumahan gue, yang perumahan biasa aja. Beliau juga orangnya biarpun sibuk di kerjaan, tapi masih aktif juga di kegiatan sosial di perumahan gue (kalo sempet, karena suka dinas ke luar kota/negeri juga), sempet jadi ketua RT, terus suka ngurusin kegiatan keagamaan di masjid, rajin solat berjamaah juga, mana setia sama istri, ga ngadi-ngadi, makanya masya Allah kariernya nanjak mulu, rejekinya bagus. Gue juga kalo jadi anak-istrinya pasti bangga lah punya bokap/suami kaya begitu, wajar banget istrinya update status terharu begitu.

Berdasarkan observasi yang gue lakukan dari pengalaman orang-orang sekitar, baik in real life maupun fiksi di film-film wkwk, rata-rata orang yang beneran “sukses” dan beneran udah “posisi di atas”, entah dari segi karier atau financial atau apapun, biasanya mereka emang humble banget. Sebenernya tergantung individunya masing-masing sih, tapi kalo yang akhlaknya bener, mereka tuh ga sombong. Mereka beneran nerapin Ilmu Padi, yakni “Semakin Tua Semakin Merunduk”. Semakin tinggi ilmunya, semakin meroket kariernya, semakin kaya hartanya, tapi mereka tetap rendah hati. Malahan justru sebaliknya, orang-orang yang sombong itu malah kebanyakan orang-orang yang pencapaiannya kentang alias kena tanggung, masih setengah-tengah tapi mereka udah ngerasa keren banget, ngerasa superior.

Gue jadi keinget kata-katanya Herjunot Ali, waktu itu Bang Junot pernah update IGS pake hashtag #BRBGKLTR terus gue reply story-nya kan, dan kaget banget di notice :

Gue setuju sama apa yang dibilang Bang Junot di atas, terutama bagian: “orang sombong itu karena referensi kehidupan nggak banyak, pencapaian hidup setengah-setengah tapi dia pikir udah maksimal banget (karena standard yang dia tau cuma segitu), merasa kurang semua-muanya, ditutupinnya pake sombong.” Ini setuju banget sih gue. Jadi kalo liat orang sombong, sekarang udah ga heran lagi, ya palingan alesannya ga jauh-jauh dari apa yang dibilang Bang Junot di atas, entah salah satu atau beberapa atau bahkan semua dari alasan-alasan itu.

Balik lagi ke Bapak tetangga gue yang top markotop di awal cerita, gue jujur salut sama orang-orang humble kaya beliau, yang menurut kebanyakan orang (dalam hal ini tetangga-tetangga gue yang lain) melihat Bapak ini sebagai sosok yang udah di atas, tapi tetep low profile. Oia, gue juga jadi keinget sama salah satu Youtuber favorit gue, Jerome Polin. Jadi waktu itu gue pernah nanya gitu sama dia, penasaran aja pengen tau, dan menurut gue jawabannya mantappu jiwa sih haha :

Dari jawaban Jerome ini gue bisa ambil 2 hal :

1. Untuk jangan ngerasa insecure biarpun ada orang yang mandang rendah atau ngeremehin kita.

2. Selalu ngerasa rendah hati dan napak bumi, itu jadi salah satu cara biar kita ga ngerasa down, karena emang kita udah nempatin posisi kita di bawah, jadi gada lagi orang yang bisa bring us down, biar aja mereka ngerasa di atas kita, ya kita tetep humble ourselves aja wkwk.

Inti daripada inti, pokoknya mau pencapaian kita segimana pun, berusaha untuk selalu inget di atas langit masih ada langit, dan kita ini sebenernya cuma debu di galaksi bima sakti di alam semesta yang luasnya tak terhingga ini, kalo diliat dari atas pesawat aja kita ga keliatan kok. Semoga kita jadi orang yang stay humble kalo udah jadi orang sukses. Aamiin ya Allah :D

Comments

Post a Comment

Popular Posts