Berbeda Pendapat

Kenapa ya orang suka banget maksain pendapatnya ke orang lain? Kenapa sih kalo beda pendapat ga didengerin dulu aja, atau boleh aja kasih masukan, tapi kalo orang itu ga terima yaudah itu hak dia, tapi kenapa seolah jadi kaya ngotot sendiri dan ujungnya berantem? Padahal namanya manusia beda pendapat kan wajar ya, namanya beda kepala, beda isi, beda pemikiran, asal ga saling ngerugiin, itu sah-sah aja kan. Tapi kenapa orang sering ngerasa ada hak buat maksain pendapat/keinginannya ke orang lain? Orang sering lupa sama yang namanya batasan, sampe banyak yang kelewatan. Dalam hal apapun tiap orang pasti punya opininya masing-masing. Mulai dari hal receh sampe ke hal yang berat sekalipun. Warna kesukaan, aktor favorit, genre film yang disuka atau ga disuka, sampe ke hal sangat mendalam kaya kepercayaan terhadap Tuhan atau agama apa yang dianut.

Contoh kasus, misalkan menurut gue film A tuh bagus banget, mulai dari akting para pemainnya, jalan cerita, dsb. Terus ujug-ujug temen gue bilang film A itu payah banget, dan sebegitu ga sukanya dia sama film tersebut. Dalam kasus ini kita punya opini kita masing-masing, kita punya selera film yang beda, sah-sah aja buat gue suka banget sama film itu, sedangkan dia engga, begitu juga sebaliknya. Tapi yang mulai jadi masalah adalah ketika dia maksain pendapatnya ke gue mengenai film tersebut, yang mana secara tidak langsung membuat seolah gue tidak berhak untuk beropini. Itu hanya contoh kecilnya aja, dan hanya untuk kasus receh. Apalagi kalo menyangkut kepercayaan, dsb, yang sifatnya lebih personal dan sensitif.

Mungkin udah naturalnya manusia begitu kali ya. Kaya ga bisa ngeliat orang lain berbeda sama dia. Ga jarang yang ujungnya malah jadi debat kusir gatau juntrungannya. Ga cuma di kehidupan nyata, tapi di internet pun sering banget kejadian. Misal ada hal apa yang lagi rame, terus comment section-nya dipenuhi dengan orang-orang saling beradu opini masing-masing, ga jarang yang bahkan "sok keras" dan "merasa dirinya paling benar". Kalo cuma sekadar utarain opini dengan cara yang baik, it’s okay, itu hak masing-masing individu, tapi kalo sampe ujungnya malah berantem, apa bukannya malah bikin capek sendiri? They are only strangers you meet on the internet, yang lo gatau umurnya berapa, background pendidikannya seperti apa, dsb.

Gue pribadi, baik di kehidupan nyata maupun di dunia maya, sebenernya males yang namanya debat, kecuali terpaksa atau kiranya orangnya masih bisa gue ladenin, bukan karena gue ngerasa gue salah dan dia bener, tapi lebih kaya udah capek duluan gitu loh. Apalagi kalo dari awal gue udah ngerasa kalo orang yang ngajak debat itu adalah typical orang yang gamau banget kalah, dan gamau dengerin pendapat lawan bicaranya. Asli sih, itu sama aja kaya ngomong sama tembok. Cuma buang energi dan ga bakal dapet solusi!

Satu kata sih sebenernya, yaitu kompromi. Tapi emang itu susah, dan ga semua orang mau untuk nurunin egonya. Kedua belah pihak harus saling mau buat dengerin opini satu sama lain, dan bukan cuma dengerin, tapi juga menghargai. Harus saling berpikiran terbuka, bahwa bisa aja kalo opini gue itu salah dan dia yang bener, atau sebaliknya, opini dia yang salah dan kita yang bener. Berusaha cari jalan tengah yang paling pas buat kedua pihak. Lagi-lagi, kaya yang tadi gue bilang, itu emang susah buat dilakuin, dan ga bisa cuma sepihak aja, tapi harus dua-duanya. Terakhir, menurut gue, gada yang salah dengan berbeda pendapat, itu hak tiap individu, tapi bagusnya kita mulai belajar buat dengerin opini orang lain, dan tentu aja, kita "ga harus" untuk setuju, tapi coba untuk menghargai pendapatnya, selagi orang itu masih bisa diajak diskusi dan ga ngerasa paling bener sendiri. Tapi kalo misal orangnya ga bisa diajak diskusi, yaudah bye! Lo berhak waras! :))

Comments

Popular Posts